Selamat Datang Di Ridho Computer 77 Jl Raya Cilamaya Wetan Samping SPBU Kedungasem No. 77 "PUSAT PENJUALAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER" di Cilamaya Wetan Karawang

Sabtu, 30 Juni 2012

MENGUBAH VIRTUAL MEMORY


Halaman file adalah satu atau banyak area dari sebuah harddisk yang telah dipatok oleh Windows XP sebagai [Virtual Memori]. Untuk memasukkannya sangat sederhana. Logikanya, seperti memesan sebuah area untuk digunakan mengisi data pada main memory.
[Virtual Memori] dapat diakses dengan windows, seperti Physical Memory, tetapi itu masih telalu lambat. Keduanya (virtual dan physical memory) lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan RAM (Random Accses Memory).



Sebenarnya, Windoews XP menggunakan halaman file secara berkelanjutan denagan mengabaikan jumlah free memory di system anda. Dengan kata lain, ketika anda mengoptimalkan file ini, akan memberikan efek positif pada peforma (kecepatan) computer.
Langkah-langkah mengoptimalkan page file [Virtual Memory] yaitu sebagai berikut :

  1. Klik kanan [My Computer], kemudian pilah [Properties].
  2. Pilh tabs [Advance], klik [Setting] pada bagian [Peformance].
  3. Pada opsional [Peformance Options], pilih tabs [Advanced]. Kemudian, klik [Change] pada bagian [Virtual Memory].
  4. Selanjutnya, anda biua memilih dan mengatur ukuran (size) [Page File] pada drive sesuai dengan keinginan.
  5. Restart computer.
Ukuran (size) [Page File]
Ukuran standar (default) page file (virtual memory) diatur dengan memperhatikan starting size dan maximum size. Untuk mengubah size page file sebagai system demand dalam rentang nilai tersebut masih diperbolehkan oleh Windows. Langkah mengubah ukuran [Virtual Memory] sebagai berikut :
  1. Pilh dan centeng [Custom Size], [Inisial Size] diatur dan disesuaikan dengan nilai yang direkomendasikan, [Recommended] yang dijumlahkan dengan agka sama.
  2. Pada [Maximum Size], nilai yang dimasukkan sesuai dengan keinginan anda. Jika ingin memakai default-nya, anda tidak perlu mengubahnya.
  3. Jika anda ingin mengatur sendiri [Maximum Size], masukkan nilai yang lebih kecil dari [Space Availble].
  4. Atau nilai [Maximum Size] yang anda masukkan adalah maksimal 3 kali lipat dari ukuran RAM computer anda. Apabila nilai [Maximum Size] lebih besar dari RAM, akan menyebabkan berkurabgnya kinerja (peforma) computer karena memaksa RAM bekerja lebih ekstra. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, RAM akan cepat panas atau kejadian yang paling fatal adalah RAM terbakar.

Tidak ada komentar: